Monday, March 5, 2018

Macam-Macam Teknik Desain Grafis

Teknik desain grafis

Dunia desain grafis tak kunjung hentinya menunjukan eksistensi di dunia maya maupun nyata. Untuk tetap memegang eksistensinya, desain grafis sangat update dalam hal teknik maupun softwarenya demi mengikuti perkembanyak jaman.
Mungkin beberapa dari anda yang sudah banyak bergelut di dunia desain grafis sudah banyak mengetahui teknik yang akan saya bahas kali ini, mungkin juga ada yang belum. Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas mengenai macam-macam teknik desain grafis. Mari kita simak pembahasan dibawah ini.
1. WPAP (Wedha Pop Art Potrait)
WPAP adalah salah satu tehnik paling populer di indonesia, tehnik ini pertamakali dikenalkan oleh bpk weda abdul rasyid pada tahun 1990, dan beliau sekaligus ditunjuk sebagai bapak ilustrator indonesia. Ciri-ciri dalam pembuatan wpap ini bisa diketahui dari cara tracing tidak ada curva (garis lengkung) serta memadukan warna-warna yang dianggap ukuran gelap terangnya sama dengan gambar aslinya. Berikut ini beberapa contoh WPAP:
WPAP

WPAP


2. Scribble Art

Dari segi namanya scrible yang artinya tulisan ceker ayam, ya bisa ditebak karya atau desain yang dihasilkan adalah coretan yang hamburadul, meskipun begitu desain yang satu ini justru terlihat indah dengan menunjukan ketidakrapianya. Teknik scrible art biasa menggunakan pen tool sebagai alatnya dan seperti halnya wpap teknik ini juga memerlukan kejelian antara gelap dan terang. Berikut contoh dari scrible art.

Scribble Art

Scribble Art

3. Flat Design

Flat yang berarti datar, desain yang satu ini sekarang menunjukan eksistensinya didunia desian grafis, dengan gayanya yang simple flat desain banyak digunakan pada produc-produc terkenal. Ciri dari flat desain yakni menhilangkan segala effec seperti gradasi, bayangan, glossi dan lain-lain sehingga terjadi bentuk flat (datar) simple dan perpaduan warna yang enka untuk dipandang. berikut beberapa contoh flat desain.

Flat Design

Flat Design

4. Typography

Typografi merupakan seni memilih dan menata huruf atau jenis huruf sehingga menciptakan kesan tertentu. Typografi sangat penting didunia desain grafis karena dengan mengenal typografi seorang desainer mampu mengungkapkan hasil pemikiranya lewat sebuat text. Namun typografi tak hanya digunakan dengan fungsi penyampaian saja, tetapi juga ada yang menggunakan sebagai seni, berikut beberapa contoh seni typografi.

Typography

Typography


5. Vintage Design

Vintage design dilihat dari segi maknanya yaitu tahun tempo, seni ini menonjolkan desain zaman tempo dulu dan warna yang lebih kalem, dengan pemilihan font yang agak jadul. Namun dengan perkembangannya vintage desain ini lambat laun berubah mengikuti tren, pemilihan fonya pun tak sedikit yang menggunakan font modern. lebih jelasnya berikut gambar contoh vinyage design.

Vintage Design

Vintage Design

6. Vektor

Istilah vector sebenarnya adalah jenis gambar yang dihasilkan oleh software grafis seperti corelDraw, adobe ilustrator dlsb. namun istilah vector ini digunakan sebagai tehnik mengartunkan sebuah objek seperti wajah, benda, ataupun hewan. Lalu apa vixel itu? istilah vixel sebenarnya diambil dari kata vector tapi gambar yang dihasilkan berbasis bitmap pada umumnya dihasilkan oleh sebuah program seperti photoshop. Berikut adalah contohnya:
Vektor


Vektor

7. Low Poly

Low poly merupakan polygonal pada desain 3d yang menjadi beberapa poligonal kecil. Jika dilihat lebih detail low poly art ini kumpulan dari beberapa flat yang saling menyatu sehingga menghasilkan kesan benda yang dimaksud. Berikut adalah contohnya:

Low Poly

Low Poly

Demikianlah pembahasan mengenai macam-macam teknik desain grafis. Semoga artikel yang dirujuk dari berbagai sumber ini bisa bermanfaat bagi sobat design semuanya. Selamat berkreativitas, salam Sobat Design Terimakasih.

1 comments


EmoticonEmoticon