Thursday, February 22, 2018

Mengenal Sejarah Singkat WPAP Beserta Penemunya

Sejarah singkat wpap

Hai Sobat Design, bagaimana kabarnya ? Semoga baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan sedikit pengetahuan yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian semuanya yang ingin memperluas wawasannya. Sebelum itu apakah kalian tahu bagaimana sejarah perkembangan WPAP ? Mungkin sebagian orang bertanya-tanya siapa penemu WPAP dan bagaimana sejarah singkatnya. Nah, maka dari itu mari kita simak sedikit pembahasan bagaimana sejarah singkatnya dibawah ini.

Apa sih WPAP itu?
Sejarah Gambar WPAP
Sejarah Gambar WPAP

WPAP itu merupakan singkatan dari Wedha's Pop Art Potrait adalah gaya seni pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid yang sekaligus pembuat aliran ini. WPAP dahulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek, dimana dalam WPAP anda akan menemukan bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek. Dalam WPAP anda pasti tidak akan menemukan bidang-bidang lengkung sebab itulah WPAP mempunyai ciri khas tertentu yang membuat WPAP mempunyai keunikan tersendiri dalam segi teknik pembuatan.

Siapa Penemu WPAP ?
Wedha Abdul Rasyid
Wedha Abdul Rasyid

Wedha's Pop Art Potrait
atau biasa disebut
 WPAP adalah aliran seni yang diciptakan oleh orang Indonesia bernama 
Wedha Abdul Rasyid. Bapak yang di Pekalongan pada tanggal 10 Maret 1951 ini menemukan WPAP pada tahun 1990 lalu. Pekerjaan beliau dibidang Ilustrator membuat dia harus berfikir keras diusia 40 tahun. Karena menurunnya daya penglihatan, membuat ia kesulitan dalam melukis wajah. Kemudian Pak Wedha  mencoba illustrasi bergaya kubisme untuk gambarnya dan terus mengembangkannya. Sehingga Pak Wedha mencanangkan cara baru untuk menggambar ilustrasi wajah yang hingga sekarang dikenal dengan nama WPAP.

Sejarah Singkat Perkembangan WPAP

Dimulai sekitar tahun 1990-1991 berawal dari kegelisahan menggambar sosok manusia yang realis karena seiring bertambahnya usia. Menurut Wedha, gambar sosok manusia realis mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi di tambah dengan faktor memilih, mencampur warna menjadi hal yang menyulitkan. Kemiripan warna kulit manusia, kehalusan goresan, menjadi sesuatu yang mahal bagi Wedha. 

Dari kegelisahaan itulah, Wedha mulai memikirkan cara melukis sosok manusia dengan cara yang lebih mudah dengan mengutak atik titik, garis dan bidang. Berawal dari situ mulailah Wedha membayangkan gambar sosok manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner.
Demikianlah atas pembahasan sejarah singkat perkembangan WPAP beserta penemunya. Semoga pembahasan yang dirujuk dari berbagai sumber ini dapat bermanfaat bagi sobat design semuanya. Selagi masih muda, mari kita tuntut ilmu sebanyak-banyaknya dan jangan mau kalah dengan Pak Wedha yang meskipun usia dan penglihatannya menjadi faktor penghalang, namun beliau pantang menyerah dan akhirnya bisa menciptakan seni baru. Semoga Bermanfaat,  salam Sobat Design Terimakasih.


EmoticonEmoticon