Friday, February 23, 2018

Pengertian Desain Grafis Secara Umum

Desain Grafis

Hai Sobat Design! Apa kalian sudah tau apa itu Desain Grafis ? Mungkin sebagian orang tidak mengerti seperti apa itu definisi mengenai Desain Grafis secara luasnya. Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini Saya akan membahas mengenai Pengertian Desain Grafis Secara Umum. Mari kita simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Desain Grafis Secara Umum

Pada dasarnya, pengertian desain grafis adalah salah suatu bentuk dari komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan dengan seefektif mungkin. Jadi beda ya, antara desain grafis dengan desain komunikasi visual (DKV), karena desain grafis itu hanya cakupan dari DKV.

Desain grafis berasal dari 2 kata, yaitu Desain dan Grafis. Desain adalah perancangan estetika berdasarkan kreatifitas, sementara grafis merupakan ilmu perancangan titik ataupun garis menjadi sebuah bentuk gambar yang dapat memberikan informasi dan berhubungan dengan percetakan.

Dapat disimpulkan desain grafis merupakan ilmu yang menggunakan kreatifitas dalam perancangan bentuk gambar, dengan  tujuan akhir untuk kepentingan percetakan.

Karena bentuk akhir dari desain grafis adalah gambar 2D, maka teks juga dianggap gambar sebab merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Biasanya desain grafis juga diterapkan dalam fine art dan desain komunikasi.

Prinsip Dan Unsur Dalam Desain 

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. 

Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Desain Grafis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat design semuanya. Dan ingat, jangan menyerah dalam mencari ilmu baru tentang desain. Semoga bermanfaat, Terimakasih.



EmoticonEmoticon